Olahraga Rutin, Mencegah Penyusutan Otak

22.35
Informasi Kita - Olahraga, sangat penting bagi tubuh kita. Rutin dalam hal ini terutama sejak masa muda, membaut fisik kita bugar dan sehat, akan tetapi ternyata daapt membuat organ otak kita bugar juga.

Dari penelitian, rutin olahraga di usia sekitar 40 atau 50 tahun dapat mencegah penyusutan otak.sedangkan mereka yang jarang olahraga kemungkinan akan mengalami penyusutan otak.

Penelitian ini melibatkan 1.583 orang yang terdata di Framingham heart Study rata – rata 40 tahun yang terdaftar. Penelitian dilakukan pada pria ataupun wanita yang tidak demensia dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Responden disuruh rutin melakukan olahraga seperti treadmill, lalu puluhan tahun berikutnya menjalani scan MRI di otak.

Penulis Dr. Nicole Spartani dari Boston University School of Medicine di Amerika Serikat menyatakan, hasilnya menunjukan bahwa orang yang kurang olahraga pada usia 30 -40 tahun, pada 20 tahun kemudian dapat mengalami penyusutan otak atau bisa dibilang otak mengecil.

 “adanya korelasi langsung antara kurang kebugaran dengan volume otak puluhan tahun kemudian. Research ini menunjukan tentang percepatan penuaan otak”, kata Dr. Nicole.

Kelompok yang tidak bugar juga memiliki tekanan darah tinggi dan denyut jantung yang cepat. Mereka juga berisiko memiliki volume otak yang lebih kecil 20 tahun kemudian.

Olahraga dapat meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup lebih baik. Sebaiknya hal ini dilakukan rutin sejak muda hingga tua.

Editor : IK Owner
Sumber : The Telegraph

Artikel Terkait

Previous
Next Post »