Seluruh Jaringan Terkoneksi 1G - 4G

21.12
Informasi Kita - Perkembangan Teknologi jaringan seluler saat ini sudah sangat pesat di era tahun 2016. banyak komputer atau gadget yang sudah mampu menggunakan teknologi terbaru. Ada beberapa generasi perkembangan teknologi di jaringan seluler ataupun jaringan internet. perkembangan jaringan dapat dirangkum sebagai berikut :

Generasi pertama (1G): 
Menggunakan sistem analog dengan kecepatan rendah ( low-speed ) dan suara sebagai fitur utama. penggunaan secara komersial antara lain oleh NMT ( Nordic Mobile Telephone ) di eropa dan AMPS ( Analog Mobile Phone System ) di Amerika.

Generasi kedua (2G):
menjadi standar komersial teknologi jaringan dengan format digitasl. kecepatan rendah hingga menengah. Teknologi pada generasi jaringan ini mengalami evolusi menjadi 2.5G dengan koneksi GPRS,EDGE dan CDMA2000 1xRTT.

Generasi ketiga (3G):
Lebih mengoptimalkan sistem digital untuk koneksi pada jaringan,  sehingga mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan mendukung penggunaan aplikasi multimedia dengan frekuensi pita lebar (broadband). Teknologi koneksi pada jaringan ini adalah W-CDMA yang juga dikenal sebagai UMTS dan CDMA2000 1xEVDO.

Generasi keempat (4G):
Hasil dari pengembangan teknologi 3G dengan nama resmi 3G and beyond. sebelum hadir 4G, telah dikembangkan teknologi jaringan 3.5G yang diberi sebutan HSDPA ( High-speed Downlink Packet Access). HSDPA adalah protokol di telepon genggam yang memberikan jalur pengembangan untuk jaringan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) untuk menyediakan jalur lalu lintas data yang lebih besar.

Editor : IK Owner
Sumber : Forsel Magazine

Artikel Terkait

Previous
Next Post »